Embraer EMB 314 Super Tucano

Embraer EMB 314 Super Tucano
Diproduksi oleh Embraer, pabrikan pesawat yang berasal dari Brazil, Super Tucano adalah pesawat temput ringan dengan mesin Turboprop dengan model sayap rendah (low wing) berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya.Super Tucano digunakan oleh beberapa negara di Amerika selatan antara lain, AU Kolombia, Chili, Republik Dominika dan Ekuador dan juga ada negara negara di wilayah benua asia termasuk Indonesia.

Sebagai pesawat tempur ringan Super Tucano dinegara asalnya (Brazil) digunakan sebagai pesawat patroli dan pengamanan wilayah perbatasan serta pengawasan udara hutan Amazon.Super Tucano optimal pada kondisi wilayah tropis seperti amerika selatan dan negara asia tenggara. Pesawat tempur ringan ini mampu beroperasi disegala kondisi cuaca, siang dan malam, misi dari pangkalan terpencil dan tak beraspal tanah landasan pacu pendek.

Selain sebagai pesawat Patroli, Super Tucano biasanya digunakan sebagai pesawat latih tingkat dasar dan lanjutan bagi calon pilot fighter. Ukurannya yang kecil sanggup mereduksi sinyal radar dan pandangan visual, didukung dengan kecepatan yang tinggi dan lincah dalam bermanuver memberikan tingkat jelajah cukup tinggi.

PT6A-68A/3 turboprop engines

The EMB-314 Tucano super ini didukung oleh mesin turboprop PT6A-68A,Kapasitas bahan bakar pesawat ini 695 Liter, yang memberikan jangkauan lebih dari 1.500 kilometer dan daya tahan lebih dari 6 jam.Super Tucano bisa terbang dengan kecepatan 24m per detik. Maksimum kecepatan pesawat adalah 530 km per jam. Jangkauan Super Tucano masing-masing 4,820km dan 10,670m. Daya tahan maksimum adalah enam jam dan 30 menit. Pesawat beratnya sekitar 3,020kg dan berat take-off maksimum adalah 5,2kg.

Sistem persenjataan.

Super Tucano sanggung memuat beban seberat 1550 Kg.Sistem senjata yg di pasang pada pesawat ini adalah Senapan mesin 2buah letaknya pada sayap kiri dan sayap kanan.kemudian pada masing masing sayap terdapat 2 buat tempat / cantelan dan pada badan pesawat ada 1.amunisi yang biasa dipasang antara lain bom Mk 81 dan Mk 82, peluncur roket, dan bom berpemandu laser.
Super Tucano juga dibekali sistem FLIR (forward looking infrared), mengadopsi tipe StarSAFIRE III yang ditempatkan di bawah bodi pesawat. FLIR digunakan awak membidik sasaran, navigasi, dan identifikasi. Sstem ini juga memungkinan pengawasan dan penyerangan pada siang dan malam hari serta dalam berbagai kondisi cuaca

Karakteristik umum

  • Kru: Satu 1orang versi kursi tunggal, satu pilot ditambah satu navigator pada versi double seat
  • Payload : 1.550 kg
  • Panjang: 11.42 m
  • Lebar sayap : 11.14 m
  • Tinggi: 3,9 m
  • Area sayap: 19,4 m²
  • Berat kosong : 3.200 kg
  • Max. berat lepas landas : 5.400 kg
  • Kecepatan maksimum : 590 km / h (319 knots, 367 mph)