Cessna Skyhawk : Si Elang High Class Yang Nyaman

Cessna 172 Skyhawk
Cessna Aircraft Company mengklaim bahwa Skyhawk adalah pesawat latih dengan single engine yang terbaik di kelasnya.Dengan misi utama sebagai pewawat latih / trainer, Cessna 172 Skyhawk memang tampil memikat dilengkapi dengan berbagai instrument canggih dan kekinian dan desain interior yang high class membuat Cessna 172 layak di klaim sebagai peawat latih yang mewah.

Sejarah Cessna Skyhawk

Sejarah Cessna Skyhawk di mulai pada tahun 1960.Dengan menggunakan mesin 4 silinder Lycoming O-320.Dengan alasan efisiensi dan penambahan performa, Cessna 172 Skyhawk di lakukan upgrade mesin ke Lycoming O-320 E.Setelah selama bertahun tahun mengalami berbagai perubahan dan perkembangan mulai dari bentuk ekor, desain jendela kabin, sistem radio, Cessna Skyhawk semakin memantapkan sebagai pesawat trainer bermesin tunggal yang terpercaya.Kelincahan, kenyamanan, sistem Avionics radio dan radar dan bebagai instrument pendukung yang memadai akan memudahkan para calon pilot dalam meningkatkan jam terbang.

Kabin, kokpit dan bagasi

Cessna Skyhawk digolongkan dalam jenis pesawat terbang sayap tinggi.Letak sayap ada di badan pesawat / fuselage bagian atas dengan lebar rentang sayap / Wingspan 11 m. Panjang Cessna Skyhawk 8.28 m , tinggi badan pesawat 2.72 m. .Kabin berisi 4 buah tempat duduk dengan dimensi panjang 3.61 m, lebar 1.00 m dan tinggi kabin 1.2 m.Cessna Skyhawk mempunyai bagasi yang bisa menampung beban 54.4 kg.Dashboard Cessna Skyhawk dilengkapi Garmin G1000® avionics suite dengan 2 buah panel LCD beresolusi tinggi untuk menampilkan data data penerbangan,digital altitude, peta, petunjuk navigasi, komunikasi, dan data data lainya secara realtime.

cessna skyhawk

Mesin

Menggunakan mesin IO-360-L2A yang diproduksi oleh Textron Lycoming menghasilkan power 180 hp.Mesin ini berpendingin udara dengan 4 silinder dan menerapkan sistem injeksi (fuel-injected).Selain di aplikasikan pada Cessna mesin ini juga dipakai oleh beberapa manufaktur pesawat diantaranya untuk pesawat Piper CherokeeGrumman Tiger. Baling baling / Propeler 2 bilah Cesna Skyhawk merupakan produk dari McCauley.

Performa

Bagaimana dengan performa Cessna Skyhawk? Cessna Skyhawk memiliki kecepatan jelajah maksimum 142 mil per jam dan memiliki jarak jangkauan 640 mil laut.Detail data performa Cessna Skyhawk adalah sebagai berikut :

Cruise speed : 122 kn (140 mph; 226 km/h)
Service ceiling : 13,500 ft (4,100 m)
Rate of climb : 721 ft/min (3.66 m/s)
Wing loading : 14.1 lb/sq ft (68.6 kg/m2)

Sumber Wikipedia Cessna Website