Tail strikes, Insiden Bokong Pesawat

Tail Strike

Apa itu tail strikes ? dalam dunia penerbangan Tail strikes adalah kejadian ketika body pesawat bagian belakang / ekor bagian bawah berbenturan / bergesekan dengan landasan pacu.Ini terjadi ketika takeoff maupun landing.Tail strikes dapat mengakibatkan kerusakan yang signifikan dan dapat membahayakan penerbangan.Di kutip dari situs nya Airbus beberapa kejadian tail strikes lebih banyak terjadi terjadi ketika mendarat / landing dari pada ketika Takeoff.

Tail strikes bisa terjadi pada semua jenis pesawat terbang,meskipun biasanya terjadi pada pesawat jenis Tricycle landing gear jenis pesawat dengan saru roda di depan (nose whell) dan dua atau lebih roda uatam di titik tengan body pesawat.Selain dari model pesawat Tail strikes juga bisa di akibatkan oleh beberpa faktor, termasuk angin kencang dan crosswinds kuat. Tapi faktor lingkungan seperti ini sering dapat diatasi dengan awak pesawat terlatih dan berpengetahuan mengikuti prosedur yang ditentukan.

TailSkid

Pada beberapa jenis pesawat berbadan besar dari Boeing dan Airbus pada beberapa varian menambahkan protektor / Tailskid sebagai pelindung dari Tail strikes ketika takeoff.Dan untuk beberpa jenis pesawat terbaru sudah dikembangkan elevator feel system