Boeing T-X, Jet Tempur latih Spesial Untuk USAF

Boeing T-X

Boeing T-X Photo By Boeing

Boeing dan mitranya dari Swedia (Saab AB) September 2016 ini baru saja mengenalkan 2 buah pesawat jet latih terbaru yang diberi kode T-X. Boeing T-X  adalah Jet training dibuat khusus untuk melatih pilot tempur Angkatan Udara AS dilengkapi dengan sistem Advanced dan teknologi terkini.

Boeing menyatakan sudah menyelesaikan 2 buah T-X siap dipakai dan akan segera memproduksi dengan jumlah besar.”Boeing T-X adalah pesawat siap pakai dan menjadi pilihan yang tepat untuk program pelatihan pilot tempur masa depan” kata Leanne Care, Presiden dan CEO Boeing Defense, Space & Security

T-X adalah salah satu bagian program peremajaan Armada tempur AS, dalam rencananya akan menggantikan Northrop T-38 Talon. T-X adalah pesawat jet latih dengan Single Engine buatan General Electric dan ekor kembar tegak (Twin Tail).Ekor Twin Tail ini memberikan kesan lebih modern dan lebih baik dalam melakukan manuver dibandingkan single Tail.Seperti pesawat latih pada umumnya, Boeing T-X dipasang 2 buah tempat duduk depan dan belakang untuk pilot dan trainner.

Boeing T-X Masih Tertutup

Seolah tidak mau diketahui banyak oleh kompetitor, Pihak Boeing masih enggan memaparkan secara detail spesifikasi detail terknologi T-X.Persaingan dalam pengembangan Jet seri “T” tidak bisa dibilang ringan.Beberapa produsen pesawat tempur terkemuka dikabarkan telah mengajukan penawaran ke Angkatan Udara AS walaupun secara diam diam diantaranya Northrop Grumman’s dan Lockheed Martin.Boeing dengan T-X nya lah yang pertama kali mempublikasikan produknya untuk digunakan US Airforce.