C-5 Super Galaxy Si Jumbo Tukang Angkut

Untuk urusan angkut angkut barang C-5 Galaxy sangat diandalkan peranya oleh militer AS.Pesawat terbang berbadan besar ini memang didesain untuk urusan angkutan dan kargo peralatan militer.Dibuat oleh Lockheed sebuah pabrik pesawat militer asal AS, C-5 Galaxy telah digunakan oleh USAF sejak tahun 1969. ketika itu digunakan untuk mendukung operasi militer AS di semua misi utama termasuk Vietnam, Irak , Yugoslavia dan Afghanistan , serta untuk mendukung sekutu, seperti Israel selama Perang Yom Kippur dan NATO dalam operasi Perang Teluk . C-5 juga telah digunakan untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, dan mendukung program Space Shuttle AS yang dijalankan oleh NASA .

Sebagai pesawat kargo C-5 Galaxy bisa disebut sebagai salah satu pesawat terbesar di dunia selain Antonov An-225.Dengan Rentang sayap 67,9 meter, panjang 75,3 meter dan berat 349 ton pesawat terbang ini didorong 4 buah mesin bertenaga 43.000 pon.Mesin yang digunakan si Jumbo ini adalah GE CF6-80C2 turbofan yang disupply oleh GE Aviation / General Electric sebuah perusahaan pemasok mesin pesawat terbang terkemuka dari AS.

Body C-5 Super Galaxy dibagi menjadi 2 bagian yakni lantai bawah dan atas.Lantai atas digunakan untuk personil dan bagian bawah untuk barang atau kargo.Luas kargo C-5 Galaxy bisa menelan truk, tank, helikopter bahkan pesawat tempur dan muatan-muatan besar lainnya.Untuk bongkar muat kargo besar bisa dilakukan dari pintu depan maupun belakang.Hah memang ada pintu depanya? Hidung / moncong C-5 Galaxy ini ternyata bisa diangkat keatas sehingga akan membuka akses masuk ke dalam badan pesawat.

C-5 Galaxy Sedang “Menelan” Helicopter Chinook CH-47
Source Photo By Lockheed