MIG 29, Sudah Tidak Muda Lagi, Tapi Masih Garang

MIG 29

MIG 29

MIG 29, Sudah Tidak Muda Lagi, Tapi Masih Garang. Digolongkan bukan pesawat tempur muda , akan tetapi kemampuan, manuver, dan kegaranganya masih diandalkan dan menjadi kebanggan Rusia.MIG 29 dilahirkan ketika puncak perang dingin yang pada waktu itu persaingan pengembangan pesawat tempur “masa depan” sedang panas panasnya.Sudah menjadi rahasia umum pada tahun 1969 Angkatan Udara AS sedang menjalankan Program “F-X” yang outputnya menelurkan Fighter kelas berat F-15 Eagle.Dan Rusia sebagai kompetitor tidak mau merada di bawah “satu level” dari AS. Maka dengan penuh abisius menunjuk Mikoyan untuk merancang pesawat tempur ringan yang mensyaratkan jangkauan jarak yang jauh, performa landasan-pendek yang bagus (termasuk menggunakan landasan mentah), kelincahan yang baik, kecepatan di atas Mach 2, dan mampu membawa persenjataan berat.Proyek ini dimulai pada tahun 1974 dan menghasilkan menghasilkan Product 9, dinamai MiG-29A dan terbang perdana pada 6 Oktober 1977.
Sebagai pesawat tempur Multi Role MIG 29 ditunjuk sebagai garda terdepan di setiap misi Angkatan bersenjata Soviet.MIG 29 bertugas melindungi dari udara setiap pergerakan taktis pasukan darat.selain itu juga mengcover / pengawalan misi udara pesawat lainya.

MIG 29 dioperasikan oleh banyak negara Selain Rusia.Tercatat India, Yugoslavia, Jerman, Polandia, Irak dan Bahkan Amerika juga mempunyai  MIG 29 yang dibeli dari Moldova.Alasan AS membeli MIG 29 ini adalah untuk program pengurangan ancaman nuklir.AS khawatir Pesawat pesawat ini jatuh ketangan yang “Tidak Tepat”.India menjadi negara pengguna terbanyak MIG 29 dari benua Asia.

Karakteristik dan kemampuan

MIG 29 diawaki oleh seorang pilot.Dimensi badan dengan panjang 17,32 meter lebar 11.36 meter.Menggunakan 2 buah mesin Klimov RD 33 Turbofans mampu terbang dengan kecepatan maksimal 2.445 km/jam atau 1.320 knots.Jangkauan terbang maksimal pesawat tempur ini “hanya” 1.430 Km.

Persenjataan

MiG-29 tempur dilengkapi dengan 7 cantelan /dudukan senjata. Amunisi / Senjata yang dapat diangkut oleh pesawat ini antara lain sebagai berikut:

  • 2 buah rudal R-27 (rudal udara ke udara jarak menengah)
  • 6 R-73 dan R-60 (rudal udara ke udara jarak pendek)
  • 4 buah Roket S-5, S-8, S-24
  • bom udara beratnya mencapai 3.000 kg
  • Sebuah senapan canon ukuran 30mm dengan 150 butir amunisi.

rudal R-27 (rudal udara ke udara jarak menengah) disuplai oleh Vympel State Engineering Design Bureau berbasis di Moskow. dilengkapi dengan pemandu infra merah dan mampu mengejar target dengan kecepatan hingga 3,500km / jam pada ketinggian dari 0.02-27 km.

MIG 29

MIG 29 Manuver

MIG 29 Masih Garang

MIG 29 yang dibuat pada masa puncak perang dingin dalam aroma persaingan dengan AS dalam penguasaan terknologi pesawat tempur , bisa dikatakan kemampuanya setara atau pantas dibandingkan dengan F15 atau F16 dari AS. lebih hebat mana? sangat sulit memberikan penilaian yang pasti MIG 29 masih digunkan oleh berbagai negara dan kemampuanya masih diandalkan