Boeing Siap Mengirim Apache Guardian Pesanan TNI

Apache AH-64E Guardian

Apache AH-64E Guardian

Boeing baru saja selesai melakukan uji coba penerbangan helikopter Apache AH-64E Guardian pesanan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.Menurut sekretaris pertahanan AS Chuck Hagel, Indonesia memesan delapan Apache AH-64E pada bulan Agustus 2013. Pengumuman tersebut muncul hampir satu tahun setelah pemberitahuan ke Kongres setahun sebelumnya atas penjualan FMS yang diajukan.

Kesepakatan tersebut juga mencakup 140 peluru kendali anti-tank AHM-114R3 Hellfire-II (ATGM), mesin cadangan, subsistem elektronik, pelatihan, suku cadang, simulator dan item pendukung lainnya. Nilai pembelian diperkirakan mencapai 500 juta USD.Pada bulan Januari 2015, Boeing secara resmi menerima pesanan untuk memproduksi AH-64Es dengan tanggal penyelesaian yang diharapkan pada bulan Februari 2018.

Upgrade Apache Guardian

Helikopter AH-64E adalah versi terbaru AH-64, yang digunakan oleh Angkatan Darat AS. Hal ini juga dikenal sebagai Apache Guardian. Hingga 2012 itu ditetapkan sebagai Blok AH-64D III. Apache Guardian telah dilakukan berbagai perbaikan dan peningkatan, termasuk mesin yang lebih bertenaga, transmisi yang ditingkatkan dan perbaikan lainnya.