Jet Tempur China Intersep Pesawat Patroli Maritim AS di Laut Cina Selatan

Dua jet tempur China mencegat / intersep pesawat pengintai Angkatan Laut AS di Laut Cina Selatan, dengan satu pesawat tempur Amerika yang berada dalam jarak 200 yard (180 meter), ujar perwira A.S. kepada Reuters.

Pejabat yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan laporan awal menunjukkan bahwa pesawat pengintai Orion P-3 AS berada 150 mil tenggara Hong Kong di wilayah udara internasional ketika pesawat China melakukan pencegatan , satu pesawat China terbang bermanuver di dekat pesawat Amerika, membatasi pergerakanya.Pentagon mengkonfirmasi bahwa dua jet China telah melakukan intersep, dengan mengatakan bahwa itu “tidak aman dan tidak profesional.”

China Membantah

Kementerian pertahanan China membantah tuduhan Amerika bahwa dua jet tempur china mengintersep pesawat Orion P-3 milik AS.Pihak China menyebutkan kalau Jet-jet China dioperasikan dengan cara yang profesional dan aman.Mereka juga meminta militer A.S. untuk mengambil langkah-langkah menghindari kegiatan berisiko serupa, dan menegaskan militer China diputuskan untuk melindungi kedaulatan dan keamanan China.

China sangat curiga terhadap aktivitas militer A.S. di sekitar garis pantai, terutama di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya, yang bagian-bagiannya diperdebatkan oleh China dan tetangganya yang lebih kecil, termasuk Filipina, Vietnam dan Malaysia.