F35 Rasa Jepang

Kredit : Lockheed Martin

Dalam sebuah acara seremonial yang dihadiri para petinggi militer dari Jepang dan AS ,di komplek Mitsubishi Heavy Industries, Jepang memperkenalkan kepada publik pesawat tempur masa depan mereka yakni F35 produk dari Lockheed Martin, perusahaan pertahanan dari Amerika serikat.F35 ini dirakit oleh Komaki South F-35 Final Assembly and Check Out (FACO) dengan bantuan teknis dari Lockheed Martin dan pengawasan dari Pemerintah AS.

Kementerian Pertahanan Jepang secara selektif memilih F-35A sebagai pesawat tempur pertahanan udara JASDF (Japan Air Self-Defense Force) generasi berikutnya pada bulan Desember 2011, dengan program Penjualan Militer Asing dengan catatan 42 F-35As. Empat pertama JASDF F-35As sebelumnya dikirim dari fasilitas produksi Fort Worth, Texas Amerika serikat dan untuk selanjutnya 38 pesawat F-35A akan dirakit di Jepang.

F-35 Lightning II adalah pesawat tempur generasi ke 5, menggabungkan kemampuan stealth / siluman canggih dengan kecepatan tempur dan kelincahan, sistem misi yang canggih, informasi sensor yang terintegrasi, operasi berbasis jaringan . Lebih dari 220 F-35 operasional telah dibuat dan dikirim ke seluruh dunia, jepang adalah salah satu negara yang menggunakan F35 sebagai alat pertahanan udara masa depan mereka.