Pesawat Militer Myanmar Hilang Kontak

Kredit : Ye Aung Thu / AFP/Getty Images

Sebuah pesawat angkut militer milik Myanmar dengan lebih dari 100 penumpang hilang pada Rabu 7/6 dalam sebuah penerbangan dari Myanmar ke Yangon, kata seorang juru bicara militer.Jenderal Myat Min Oo mengatakan pesawat turboprop Y-8 buatan China membawa 90 penumpang, sebagian besar adalah keluarga personil militer dan 14 awak kapal saat pesawat tersebut hilang Rabu siang.

“Pesawat militer hilang dan kehilangan kontak setelah lepas landas dari Myeik, dan sekarang militer telah memulai pencarian laut dan udara dengan kapal angkatan laut dan pesawat militer dan sedang mempersiapkan operasi penyelamatan,” katanya.

Informasi lainya pada saat terjadi insiden hilangnya pesawat naas tersebut, cuaca sedang dalam kondisi tidak begitu baik, Dia mengatakan saat itu sedang hujan.Pesawat tersebut lepas landas dari Myeik pada pukul 1:06 siang. Dan mulai kehilangan kontak pada pukul 1.35, terakhir kali terdeteksi radar sekitar 20 mil arah barat Dawei.

Pihak militer Myanmar mengatakan, Myanmar menerima pesawat Y-8 pada bulan Maret tahun lalu, dan sejak saat itu telah mencatat 809 jam terbang.Enam kapal angkatan laut dan tiga pesawat militer dikerahkan untuk misi pencarian dan penyelamatan korban hilangnya pesawat Y-8.