Flightradar24, Aplikasi untuk Melacak Pesawat


flightradar24 merupakan sebuah alat yang bisa mengetahui posisi pesawat. Dengan kata lain, ini merupakan layanan yang dapat menyajikan data tentang keberadaan sebuah pesawat secara real-time di seluruh dunia. Bahkan data yang ditampilkan oleh alat pelacak ini sangat lengkap. Anda bisa mengetahui informasi lengkap tentang pesawat yang sedang melakukan penerbangan. Bahkan, Anda pun bisa mengetahui dari mana dan kemana pesawat itu akan terbang, nomer penerbangan pesawat, jenis pesawat yang sedang terbang, bahkan hingga data-data yang akurat seperti tingkat ketinggian pesawat dari permukaan dan kecepatan pesawat saat itu. Lalu, bagaimana alat ini dapat mengetahui secara terperinci tentang keberadaan dan data suatu pesawat?

Cara Kerja Flightradar24

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara alat ini bekerja, kami akan menjelaskan gambaran tentang cara kerja flightradar24. Berikut uraian lengkapnya!

Alat ini ternyata dilengkapi dengan Automatic Dependent Surveillance-Broadcast atau yang kerap disingkat dengan ADS-B. Ini merupakan sebuah teknologi yang bisa mengetahui posisi pesawat yang sedang terbang berdasarkan dengan gelombang radio dan gelombang satelit yang terkoneksi kepada pesawat tersebut. Dengan teknologi ini, sebuah pesawat dapat dilacak oleh stasiun di menara pengawas bandara. Teknologi ini pun akan membantu pesawat lain yang sedang melakukan penerbangan sehingga setiap pilot di pesawat mengetahui keberadaan pesawat satu sama lain. Dengan demikian, kemungkinan untuk terjadi tabrakan pesawat di udara sangatlah kecil.

Meski demikian, beberapa pesawat non komersial dan juga pesawat militer ada yang tidak dilengkapi dengan alat pelacak ini. Begitu juga dengan pesawat tempur. Tujuannya sangat jelas, yakni untuk menjaga privasi dan juga meminimalisir kebocoran data tertentu. ADS-B ini bekerja dengan mengirim gelombang dengan frekuensi 1090 dan mengirimkan data pesawat dengan lengkap. Lalu, gelombang tersebut pun akan diterima oleh sebuah perangkat yang terkoneksi dengan flightradar24 dan ditampilkan dalam sebuah visualisasi gambar. Alat ini memiliki puluhan ribu perangkat penerima sinyal tambahan di seluruh dunia. Bahkan karena kecanggihannya, sinyal yang diterima oleh pelacak ADS-B ini dapat dilakukan dalam radius 400 km. Tak heran jika keberadaan alat ini sangat krusial dalam dunia penerbangan. Bahkan untuk wilayah Eropa, alat ini sudah menjangkau hampir semua wilayah tersebut. Namun untuk kawasan Asia, alat ini hanya dimiliki di beberapa negara saja, seperti Jepang, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan juga Australia. Selain di negara-negara tersebut, jangkauan sinyal alat pelacak ini tidak begitu baik.

Aplikasi untuk Melacak Pesawat

Bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi untuk melacak keberadaan pesawat, Anda bisa menggunakan flightradar24. Untuk aplikasi ini, tersedia dalam versi Premium dan juga gratisan. Tentu saja untuk aplikasi Premium Anda akan mendapatkan keleluasaan berupa data yang lebih akurat dalam jumlah yang lebih banyak. Namun jika Anda hanya penasaran dengan alat ini, maka Anda bisa mengunduh versi gratisan. Aplikasi ini bisa diinstall oleh pengguna handphone Android atau pun juga iPhone. Bahkan, kini sudah tersedia versi web-nya sehingga Anda bisa melacak keberadaan pesawat melalui laptop atau PC Anda. Pada dasarnya, ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk melacak keberadaan sebuah pesawat terbang. Pilihan lain adalah FlightTrack yang lebih populer di kalangan para traveler. Aplikasi ini juga menampilkan rute pesawat dan juga jadwal penerbangan yang sangat lengkap. Demikian informasi lengkap tentang flightradar24 dan aplikasi penerbangan yang lain.