Informasi Seputar ATKP Surabaya

ATKP Surabaya merupakan singkatan dari Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya. Ini merupakan sebuah sekolah kedinasan yang bertujuan untuk mendidik para calon taruna dan taruni yang ingin berkarir di dunia penerbangan. Mungkin banyak yang bertanya, lulusan ATKP jadi apa? Ya, ini merupakan sebuah pertanyaan yang wajar bagi para calon taruna dan taruni yang belum mengerti tentang sekolah ini. Bagi Anda yang penasaran, para lulusan dari sekolah ini akan dijadikan personel di lembaga penerbangan, seperti Bandara dan juga Dinas Perhubungan. Mereka yang menjadi siswa di ATKP akan dididik agar mampu mengelola sebuah bandara dan mengatasi segala potensi permasalahan yang mungkin terjadi.

Apakah untuk menjadi pilot harus menempuh pendidikan di sebuah ATKP? Ini merupakan pertanyaan yang juga sering ditanyakan oleh para calon peserta didik. Perlu diketahui bahwa ATKP bukan merupakan sekolah penerbangan. Itu artinya, jika Anda ingin menjadi seorang pilot, Anda harus memilih sekolah penerbangan. ATKP hanya merupakan sebuah lembaga pendidikan resmi yang dikelola untuk mengolah potensi para taruna dalam bidang non-pilot dan masih memiliki keterkaitan dengan penerbangan. Para taruna dan taruni nantinya akan bekerja di bandara sebagai teknisi, staff, dan juga pengelola bandara. Inilah yang menjadi perbedaan ATKP dan sekolah penerbangan secara umum. Nantinya, para lulusan ATKP bertanggungjawab untuk memastikan keselamatan dan keamanan sebuah bandara.

Syarat Masuk ATKP

Bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan di ATKP Surabaya, ada baiknya untuk mempersiapkan segala syarat yang diperlukan agar nantinya bisa lolos seleksi dan resmi menjadi siswa di ATKP. Berikut syarat fisik masuk ATKP.

  • Usia maksimal 23 tahun
  • Pria atau Wanita
  • Belum menikah dan tidak boleh menikah selama pendidikan
  • Tinggi badan 160 untuk pria, dan 155 untuk wanita
  • Pas foto terbaru
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna atau menggunakan kaca mata

Prodi ATKP Surabaya

Bagi Anda yang masih bingung tentang prodi dan juga jurusan yang tersedia di ATKP Surabaya, kami akan menjelaskan beberapa pilihan prodi yang tersedia.

D III Teknik Listrik Bandara (TLB)

Ini merupakan sebuah jurusan bagi mereka yang ingin mendalami tentang teknik listrik, terutama di sebuah bandara. Setiap siswa yang menempuh jurusan ini kelak akan menjadi teknisi yang bertugas di sebuah bandara.

D III Teknik Pesawat Udara (TPU)

Bagi mereka yang suka pesawat terbang sejak kecil, jurusan ini merupakan pilihan terbaik karena Anda akan menelisik lebih lanjut tentang setiap bagian pesawat. Siswa lulusan jurusan ini kelak akan bertugas di sebuah bandara dan turut terbang bersama pesawat tersebut guna melakukan monitoring selama perjalanan.

D III Lalu Lintas Udara (TPU)

Siswa di jurusan ini akan diproyeksikan sebagai staff di menara pengamat bandara. Mereka akan dibekali dengan manajemen penerbangan dan navigasi udara. Ini merupakan jurusan yang sangat favorit karena lulusan jurusan ini memiliki gaji yang tinggi.

D III Teknik Bangunan dan Landasan (TBL)

Para lulusan SMK yang menempuh jurusan teknik bangunan bisa mendaftar di jurusan ini. Di sini, setiap siswa akan dibekali dengan ilmu yang diperlukan dalam pembangunan dan juga renovasi sebuah bandara.

D III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU)

Siswa akan dibekali dengan ilmu-ilmu komunikasi yang kerap digunakan oleh para pilot. Kelak, para siswa di jurusan ini akan diproyeksikan sebagai penghubung antara pilot dan petugas menara bandara.

D III Komunikasi Penerbangan

Lalu, ada pula jurusan Komunikasi Penerbangan yang juga merupakan jurusan favorit. Lulusan jurusan ini bisa bekerja menjadi staff di bandara dengan bayaran yang tinggi.

D III Manajemen Transportasi Udara (MTU)

Terakhir, Manajemen Transportasi Udara juga merupakan pilihan favorit karena nantinya para lulusan akan ditempatkan di kantor, bukan di lapangan. Hal inilah yang menjadi daya tarik para siswa untuk memilih jurusan ini.