Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

Jika Anda berencana untuk bepergian dengan menggunakan pesawat terbang untuk yang pertama kali, maka Anda harus tahu tentang prosedur dan aturan yang berlaku. Jangan sampai Anda mengalami hal buruk di pengalaman pertama menggunakan transportasi ini. Perlu diketahui bahwa ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa penumpang pesawat terbang hingga akhirnya harus disita oleh pihak bandara. Jika Anda tetap bersikeras membawa barang-barang yang dilarang di pesawat, maka pihak bandara terpaksa harus menyita atau bahkan menahan Anda.

Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

Di bawah ini, kami memberikan panduan tentang barang yang tidak seharusnya Anda bawa saat hendak naik pesawat terbang. Hati-hati dengan apa yang Anda bawa, atau bersiaplah dengan segala konsekuensinya.

Senjata atau Benda Tajam

Pihak keamanan bandara akan melakukan screening saat setiap penumpang hendak masuk ke dalam area boarding. Selain dilakukan pemeriksaan identitas, penumpang juga akan menjalani proses pemeriksaan barang bawaan. Benda tajam atau senjata tentu dilarang untuk dibawa masuk. Jika pihak bandara mengetahui penumpang membawa senjata tajam, maka pihak bandara berhak untuk menangkap Anda.

Bahan Bakar dan Bahan Peledak

Setiap penumpang juga tidak diperbolehkan membawa bahan-bahan yang dapat meledak atau memiliki potensi terbakar dengan mudah. Pihak bandara berhak menyita setiap barang bawaan penumpang yang berpotensi meledak atau terbakar di dalam pesawat. Oleh karena itu, bagi penumpang pria diharapkan tidak membawa rokok, korek api atau korek gas ke dalam kabin pesawat.

Zat Cair yang Berlebihan

Anda boleh membawa air mineral sendiri dari rumah, namun kapasitasnya tidak boleh lebih dari 100 ML. Dalam kategori ini, parfum, perlengkapan mandi berbahan cair, dan bahkan benda cair lain merupakan barang yang tidak boleh dibawa penumpang pesawat terbang. Jika Anda terpaksa harus membawa makanan bayi khusus atau obat-obatan tertentu, maka Anda harus membawa surat resmi dari dokter. Pastikan Anda meletakkan barang bawaan yang berbentuk cari pada koper yang akan disimpan di bagasi pesawat.

Produk Hewan Mentah

Benda lain yang dilarang dibawa oleh penumpang saat hendak naik pesawat terbang adalah produk hewan mentah. Bahkan beberapa negara di dunia pun akan menindak tegas para penumpang pesawat yang kedapatan membawa produk hewan yang masih mentah, seperti keju, daging, ataupun telur hewan. Di beberapa negara berkembang, hal tersebut pun bertentangan dengan hukum. Jika tidak ingin terkena masalah serius dengan pihak bandara, pastikan Anda tidak membawa produk hewan mentah ke dalam pesawat terbang.

Benda Tumpul

Meski memiliki resiko yang kecil, namun tetap saja Anda tidak diperbolehkan membawa benda tumpul ke dalam kabin pesawat. Yang termasuk ke dalam benda tumpul adalah tongkat baseball ataupun tongkat bilyar, dan benda tumpul lain berukuran besar. Anda bisa menyimpan benda tumpul tersebut ke dalam koper yang disimpan di bagasi saat check in.

Demikian daftar benda yang tidak boleh dibawa ke pesawat terbang. Daftar benda di atas adalah dirangkum secara global. dan pastinya setiap perusahaan maskapai punya penjelasan yang lebih detail. Pastikan bahwa Anda tidak memasukkan benda tersebut saat packing. Tentu saja Anda harus berurusan dengan pihak keamanan jika kedapatan tidak mematuhi peraturan yang berlaku dan tertangkap tangan membawa barang yang tidak boleh dibawa penumpang pesawat terbang.