5 Misteri Hilangnya Pesawat Yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Penerbangan adalah salah satu alat transportasi yang beresiko tinggi. Banyak terjadi kecelakaan dan kejadian yang menyebabkan korban jiwa. Beberapa insiden bisa analisis dan disimpulkan dengan mengumpulkan berbagai data. Akan tetapi ada juga insiden penerbangan yang lenyap begitu saja dan meninggalkan misteri. Berikut ini beberapa insiden misterius yang terjadi pada beberapa penerbangan yang masih menjadi tanda tanya kebenaranya sampai dengan sekarang.

Amelia Earhart

Amelia Earhart adalah pilot wanita pertama Amerika yang berhasil menyeberangi samudra Atlantic. Dia juga disebut sebut sebagai pionir dalam dunia penerbangan. Pada tahun 1973 ketika dia mencoba mengelilingi dunia, pesawat yang dia terbangkan menghilang di atas Samudra Pasifik. Banyak versi dan pendapat yang menyatakan sebab hilangnya pilot wanita ini. Bahkan ada yang menyimpulakn bahwa Amelia Earhart tidak jatuh atau mengalami kecelakaan  tetapi ditangkap militer Jepang. Dalam sebuah film dokumenter berjudul Amelia Earhart: The Lost Evidence, menyatakan bahwa  pesawatanya mengalami problem dan mendarat di kepulauan Marshall  yang dikuasai militer Jepang yang percaya bahwa mereka adalah mata-mata, dan dipenjara. Pendapat lain ada yang menyatakan dia sengaja memalsukan kematianya.

 

Malaysia Airlines MH307

Setelah hampir tiga tahun dan mengeluarkan banyak sumberdaya untuk menjelajahi Samudra Hindia, pihak berwenang akhirnya menangguhkan pencarian pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 370. Boeing 777, dengan 239 penumpang, dinyatakan hilang kontak dengan radar pada tanggal 8 Maret 2014. Berbagai Upaya tim gabungan internasional yang dipimpin oleh Biro Keselamatan Transportasi Australia meneliti lebih dari 45.000 mil persegi dasar laut.

Hanya potongan puing-puing kecil yang ditemukan di sebelah barat area pencarian, tidak ada yang secara detail dan jelas menjawaban pertanyaan di mana letak pesawat naas tersebut sekarang. Seiring pencarian jet tersebut berakhir, setidaknya untuk saat ini, tetap menjadi salah satu misteri penerbangan yang belum terpecahkan.

Baca juga : MH370 Malaysia Airlines Ditemukan ?

Flying Tiger Line Penerbangan 739

Flying Tiger Line Penerbangan 739 adalah penerbangan sebuah pesawat militer Amerika Serikat, Lockheed Super Constellation yang membawa 93 tentara AS dan 3 orang Vietnam terbang dari Pangkalan Udara Travis di California. Setelah melakukan pengisian bahan bakar di Guam pesawat ini melanjutkan perjalanan ke Filipina. Akan tetapi tanpa diketahui sebabnya pesawat tidak pernah sampai ke tujuan. Pilot tidak membuat panggilan darurat, dan 1.300 orang yang terlibat dalam pencarian tak pernah menemukan jejak pesawatnya. Seorang kru kapal tanker Liberia mengaku melihat “cahaya terang” di langit pada sekitar waktu penerbangan, namun otoritas AS tetap tidak bisa menemukan kemungkinan apa pun sebagai penyebab insiden itu. Seluruh penumpangnya yang berjumlah 107 orang dinyatakan hilang dan tewas. Kecelakaan ini merupakan kecelakaan terbesar pesawat Lockheed Constellation.

Hilangnya Boeing 707 pembawa Lukisan

Sebuah pesawat kargo Boeing 707 yang membava 153 lukisan koleksi pelukis terkenal Brasil-Jepang Manabu Mabe senilai sekitar $ 1,2 juta, berangkat dari Bandara Internasional Narita di Tokyo pada bulan Januari 1979. Pesawat yang dioperasikan oleh Varig Airlines dijadwalkan transit di Los Angeles dan melanjutkan ke Rio de Janeiro Brazil. Namun setelah 30 menit lepas landas dan berada di utara Tokyo, pesawat itu hilang kontak dengan radar di darat.Tidak ada jejak pesawat, kargo dan  enam orang awak pesawat tidak pernah ditemukan sampai dengan sekarang.

Antonov An-32 Angkatan Udara India

Pada tanggal 22 Juli 2016, sebuah pesawat transport turboprop Antonov An-32 milik Angkatan Udara India menghilang saat terbang di atas Teluk Benggala. Pesawat naas tersebut dalam perjalanan dari pangkalan Angkatan Udara Tambaram di kota Chennai di pesisir barat Teluk Benggala ke Port Blair di Kepulauan Andaman dan Nikobar.  Pesawat membawa 29 orang di dalamnya. Kontak radar dengan pesawat tersebut hilang pada pukul 09:12 sekitar 280 kilometer Chennai. Operasi pencarian dan penyelamatan besar besaran dilakukan pemerintah India untuk mencari pesawat itu. Tercatat 16 kapal, sebuah kapal selam dan enam pesawat dikerahkan untuk menyisir perairan di Teluk Benggala

Baca juga : Superhero India Ini Menyelamatkan Pesawat Yang hampir mengalami Kecelakaan