Antonov An-124 Ruslan, Salah Satu Pesawat Terbesar Di Dunia

Dengan panjang 69,10 m dan berat kosong mencapai 175.000 kg, Rasanya tidak berlebihan jika Antonov 124 disebut sebagai salah satu pesawat yang terbesar yang pernah dibuat. Difungsikan sebagai pesawat kargo, An 124 mampu “menelan” dan mengangkut berbagai¬† bawaan yang besar. Pesawat ini mengandalkan 4 buah mesin Turbofan model Ivchenko-Progress ZMKB D-18T sebagai daya dorongnya.

Antonov 124 dikembangkan oleh soviet design bureau OKB Antonov yang sekarang bernama Antonov ASTC, sebuah pabrikan pesawat terbang asal Ukraina yang dikenal dengan pencetak pesawat terbang raksasa. An 124 didesain sebagai pesawat militer Angkut strategis. Helikopter, pesawat ringan, Tank, dan berbagai bawaan militer lainya mampu dibawa pesawat ini.

An 124 dilengkapi dengan dua buah “Cargo Door” yang terdapat pada ekor dan hidung. dengan menggunakan sistem hidroulic Pintu muatan ini bisa membuka dengan lebar untuk akses keluar masuk barang. Pada berikut ini video proses memasukan beberapa helikopter kedalam badan pesawat An 124.

Terbang perdana pada tahun 1982, dan masih diproduksi sampai dengan saat ini. Pesawatn An 124 diawaki 6 buah kru. Dalam perkembangannya An 124 diproduksi dalam berbagai varian termasuk sebagai pesawat kargo sipil. Sampai saat ini Antonov 124 masih aktif oleh Ukraine dan berbagai negara diantaranya adalah Libya, Russia, United Arab Emirates, dan Inggris.

Baca juga : Kawasaki C-2 Pesawat Angkut Militer Jepang