Jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang

bahan bakar pesawat
bahan bakar pesawat foto : royalskytechaviation.com

Banyak orang yang tidak tahu jenis bahan bakar pesawat terbang. Dengan perkembangan teknologi, ditemukan bahan bakar pesawat terbang jenis baru.

Bagi mereka yang masih awam tentang pesawat terbang, pasti kerap bertanya apa bahan bakar pesawat terbang? Ya, moda transportasi yang satu ini memang berbeda dengan moda transportasi umum lain. Bahan bakar merupakan salah satu komponen penting dalam menggerakkan sebuah alat transportasi. Tanpa bahan bakar, pesawat tidak bisa digunakan. Bahkan sudah banyak kasus tentang kecelakaan pesawat akibat kekurangan bahan bakar saat sedang melakukan penerbangan. Ini merupakan bukti bahwa bahan bakar pesawat memegang peran penting dalam sebuah pesawat. Lalu, apa sih bahan bakar pesawat terbang? Kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang bahan bakar yang digunakan oleh pesawat terbang.

Jenis Bahan BakarPesawat Terbang

Pada dasarnya, bahan bakar ibarat sebuah makanan untuk manusia. Bahan bakar untuk pesawat terbang tersedia dalam dua jenis, yakni Avtur dan Avgas. Apa saja perbedaan dan keunggulan dari masing-masing jenis bahan bakar tersebut?

Avtur

Beberapa pesawat terbang komersial menggunakan avtur sebagai bahan bakar utama. Avtur merupakan singkatan dari Aviation Turbine Fuel. Dalam dunia penerbangan internasional, bahan bakar ini juga disebut dengan Jet A-1 karena banyak sekali pesawat terbang jenis jet yang menggunakan bahan bakar ini. Bahan dasar untuk membuat Avtur adalah minyak tanah. Jika Anda pernah memasak dengan menggunakan kompor minyak, maka minyak tanah yang digunakan itulah yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan bahan bakar pesawat terbang jenis Avtur.

Avgas

Jika Anda berpikirbahwa Avgas merupakan bahan bakar dari gas, maka Anda salah! Avgas merupakansingkatan dari Aviation Gasoline, yakni sejenis bensin yang diolah secarakhusus guna keperluan penerbangan (aviation). Umumnya, pesawat terbang yangmemiliki ruang pembakaran dalam (internal) yang menggunakan bahan bakar jenisAvgas. Itu artinya, hanya pesawat terbang yang menggunakan mesin Piston Engineyang bisa menggunakan bahan bakar jenis ini. Berbeda dengan gasoline (bensin) yang digunakan untukkendaraan bermotor, bensin yang diolah menjadi Avgas memiliki nilai oktan yanglebih tinggi sehingga membuat mesin lebih bersih. Sifat dari bahan bakar ini mudah terbakar, bahkan di suhu normal. Avgas juga cepat sekali menguap. Makahanya pesawat yang memiliki ruang pembakaran dalam saja yang dapat menggunakanbahan bakar ini.

Pesawat denganBahan Bakar Biofuel

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, kini beberapa peneliti sedang mengembangkan bahan bakar pesawat terbang biofuel yang dianggap bisa menjadi alternatif terbaik di masa depan. Seperti kita ketahui bahwa persediaan minyak bumi semakin menipis dan membuat biaya produksi menjadi lebih mahal. Dengan menggunakan bahan bakar jenis lain, diharapkan di masa depan semua pesawat menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam. Seperti apa bahan bakar biofuel terbaru?

Penelitian inidilakukan oleh ilmuwan Amerika yang berbasis di Washington DC. Biofuel yangdigunakan merupakan bahan bakar yang berasal dari limbah kayu. Meski tidakmenggunakan bahan bakar biofuel secara menyeluruh, namun perpaduan 20% biofuellimbah kayu dengan Avtur telah berhasil menerbangkan sebuah Jet dari bandaraSeattle Tacoma ke bandara Reagan yang terletak di DC. Ini merupakan satu-satunyapesawat di dunia yang berhasil terbang menggunakan bahan bakar biofuel. Meskimasih dalam tahap pengembangan, namun para peneliti yakin bahwa suatu saatnanti produk mereka akan mengganti bahan bakar pesawat terbang berbahan dasar minyak bumi. Apalagi, biofuel dianggaplebih murah dan tidak memiliki dampak buruk bagi lingkungan.